Kamis, 21 Februari 2013

AYAT AL-QURAN TENTANG MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP

 

Manusia sebagai salah satu mahkluk Allah yang paling sempurna, ditakdirkan untuk tinggal di bumi yang indah dan penuh dengan nikmat serta diwajibkan untuk beribadah kepada-Nya. Selain itu manusia juga sebagai khalifah (penguasa di muka bumi) bertugas untuk mengelola, merawat serta mengatur kehidupan di muka bumi.
Supaya bumi tetap indah dan tidak rusak maka dari itu manusia mempunyai kewajiban untuk memakmurkan, menjaga, mengolah, dan melestarikan bumi. Manusia dilarang untuk merusak bumi, karena Allah telah menurunkan ayat-ayat tentang larangan dan perintah yang berhubungan tentang pelestarian lingkungan. Adapun ayat tersebut yaitu:

Ø  QS. Ar-Rum (30) Ayat 41-42


 
 
a.       Isi kandungan
Ayat ini menjelaskan bahwa selain untuk beribadah kepada Allah manusia juga diciptakan Allah sebagai khalifah di muka bumi. Kerusakan berupa musibah, bencana dan malapetaka yang terjadi di permukaan bumi baik di darat maupun di laut disebabkan oleh ulah manusia itu sendiri. Kerusakan yang tejadi melalui lima bidang kehidupan yaitu:
·         Kerusakan di bidang keimanan.
·         Kerusakan dalam bidang mental dan intelektual.
Contoh:
1.      Berbuat zalim dan bodoh.
2.      Tidak mendengar petunjuk.
3.      Bertindak ragu-ragu.
4.      Tidak kritis dan selalu pasrah sebelum usaha.
5.      Mudah terpengaruh oleh ilmu dan budaya lain yang merusak.
·         Kerusakan dalam bidang pembinaan dan kehidupan keluarga.
·         Kerusakan dalam bidang martabat manusia.
·         Kerusakan dalam bidang material dan sumber daya alam.
Contoh:
1.      Perusakan tanah pertanian dan lautan.
2.      Pencemaran air dan udara.
3.      Pengurasan hasil tambang.
4.      Pembakaran dan penggundulan hutan
5.      Perburuan binatang tanpa batas.
6.  Pembangunan gedung dan pemukiman yang mengakibatkan lahan kosong atau pertanian menjadi berkurang.
Islam mengajarkan agar umat manusia senantiasa memelihara lingkungan. Hal ini seringkali terkandung dalam beberapa pelaksanaan ibadah.
Tentang memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, banyak upaya yang bisa dilakukan, seperti mengurangi polusi udara, penanaman pohon, membuang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya.

b.      Kesimpulan
· Bumi beserta isinya merupakan ciptaan Allah yang diperuntukkan bagi kesejahteraan manusia, maka dari itu tugas manusia adalah menjaga bumi agar tidak rusak.
·  Kerusakan-kerusakan di bumi adalah akibat dari ulah tangan manusia itu sendiri.
·  Allah ingin manusia merasakan akibat dari ulahnya sendiri agar kemudian kembali ke jalan yang benar.
· Allah memerintahkan kepada manusia untuk melihat perbuatan-perbuatan kaum sebelumnya yang kebanyakan dari mereka adalah musyrikin.

c.       Perilaku yang mencerminkan QS. Ar-Rum (30) Ayat 41-42
· Manusia harus peduli terhadap sumber daya alam baik yang dapat maupun tidak dapat diperbaharui yaitu dengan cara melestarikannya.
· Kerusakan-kerusakan yang sudah terjadi di bumi merupakan akibat dari ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Lalu kerusakan tersebut oleh Allah semakin diperburuk dengan adanya bencana alam. Hal tersebut dilakukan oleh Allah semata-mata supaya manusia tersebut merasakan dampak dari perbuatan mereka sendiri dan supaya manusia kembali ke jalan yang benar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar