Kamis, 21 Februari 2013

BUKTI-BUKTI EVOLUSI


1. Bukti Fosil
Fosil merupakan beberapa bagian dari makhluk hidup yang telah mati sejak zaman dahulu dan berubah menjadi batu. Fosil dapat berupa rangka, cangkang, biji, serangga, kotoran hewan, DNA, zat kimia lain, dan jejak daun yang hidup jauh di masa lalu. Fosil mengandung banyak informasi tentang sejarah kehidupan di masa lalu.



2. Bukti Perbandingan Anatomi (Homologi) 
Homologi adalah struktur dasar beberapa organ yang sama, tetapi mempunyai fungsi yang berbeda. Contohnya: tangan manusia homolog dengan kaki depan kuda, dan kaki depan anjing dengan sayap burung. Homologi organ sangat mendukung teori yang menyatakan bahwa suatu organisme berasal dari satu nenek moyang yang kemudian membentuk spesies-spesies baru.  



3. Bukti Perbandingan Embriologi
Hewan multiseluler secara umum mempunyai tahapan perkembangan embrio yang sama. Tahap-tahap perkembangan tersebut dimulai dari zigot sampai dengan fase-fase tertentu menunjukkan adanya persamaan pada berbagai jenis vertebrata. Beberapa persamaan terlihat mulai dari zigot, morula, blastula, dan gastrula. Embrio akan  mengalami fase perkembangan yang berbeda sesuai dengan kondisi lingkungannya.



4. Bukti Biogeografi
Bentuk paruh burung Finch yang ditemukan Darwin di kepulauan Galapagos mirip dengan bentuk paruh burung Finch yang ada di Amerika Selatan. Mungkin karena sesuatu hal burung itu bermigrasi ke Galapagos. Mereka menemukan lingkungan yang baru yang berbeda dengan lingkungan hidup moyangnya. Burung itu kemudian berkembangbiak dan keturunannya yang mempunyai sifat sesuai dengan lingkungan akan bertahan hidup, sedang yang tidak akan mati. Karena lingkungan yang berbeda, burung-burung itu menyesuaikan diri dengan jenis makanan yang ada di Galapagos. Akhirnya terbentuklah 14 spesies burung Finch yang berbeda dalam bentuk dan ukuran paruhnya.


5. Bukti Perbandingan Biokimia
Untuk menentukan jauh dekatnya hubungan kekerabatan antara organisme yang satu dengan yang lain dapat diuji secara biokimia (uji presipitin). Uji ini adalah menguji reaksi antara antigen-antibodi. Banyak sedikitnya endapan yang terbentuk akibat reaksi tersebut dapat digunakan untuk menentukan jauh dekatnya hubungan kekerabatan antara suatu organisme dengan organisme lainnya.


  
6. Bukti Alat Tubuh yang Tersisa
Alat tubuh yang tersisa merupakan alat tubuh yang sudah tidak berfungsi lagi. Adanya alat-alat tubuh yang tersisa merupakan petunjuk adanya evolusi. Alat-alat ini pada hakikatnya sudah tidak berguna lagi namun masih dijumpai dan jumlahnya sangat banyak. Sisa-sisa alat tubuh yang ditemukan pada manusia antara lain otot penggerak telinga, tulang ekor, umbai cacing, dan gigi taring yang runcing.   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar